Menu

Mode Gelap
Asatu Desak Kejari Bulukumba Segera Tetapkan Tersangka Kasus UPPO Bulukumba Satu Lagi, Komplotan Curnak di Bulukumba Diringkus Polisi WRC dan PSMP Sulsel Desak Pengusutan Dugaan Pengelolaan Kawasan Lindung di Batu Tongkaraya Bantu UMKM di Bulukumba, HIPMI Bakal Gelar Ramadhan Fair 2023 Teroris KKB Kembali Menyerang dan Tembak Warga Sipil di Yahukimo, Pelaku Pecatan Prajurit TNI

DAERAH · 3 Mei 2023 12:23 WIB ·

Wabup Edy Manaf Hadiri Pembukaan STQH, Bawa 58 Orang Kontingen


 Wabup Edy Manaf Hadiri Pembukaan STQH, Bawa 58 Orang Kontingen Perbesar

DAERAH TIN-Bulukumba,- Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di Lapangan Pemuda Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar, Selasa 2 Mei 2023 malam.

Pembukaan STQH ke 33 ini dihadiri oleh Wakil Bupati Andi Edy Manaf, Asisten Administrasi Pemerintahan, Andi Baso Bintang, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Hj. Darmawati, dan Kepala Kantor Kemenag Bulukumba HM Yunus serta pejabat lainnya dari provinsi dan kabupaten kota lainnya.

Pembukaan ditandai penabuhan bedug oleh Gubernur Andi Sudirman didampingi Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali – Saiful Arif, dan Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni.

Sebelumnya Gubernur Sulsel bersama seluruh undangan yang memadati Lapangan Benteng, disuguhi dengan pementasan seni tari dari sanggar seni Tanadoang dengan tema Sallang Ri Tana Barakka (Islam di tanah yang berkah).

Pertunjukan seni budaya ini untuk menggagas dan meramu kilas balik sejarah perjalanan islamisasi di Kabupaten di Selayar, tepatnya di Kerajaan Gantarang yang dibawa oleh Datu Ribandang.

Selain itu, seluruh kontingen Kabupaten Kota di Sulawesi Selatan, tampil mengikuti defile di hadapan gubernur dan para undangan.

Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali dalam sambutannya menyambut gembira pelaksanaan STQH XXXIII Sulsel ini, apalagi ditempatkan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

”Allah SWT telah menggariskan bahwa semua kafilah se Sulawesi Selatan akan berkumpul di Selayar, karena dipersaudarakan oleh nilai-nilai kebangsaan dan agama, serta dipertemukan oleh kecintaan kepada Al-Qur’an dan Hadits,” kata Bupati Basli Ali

Dikatakan, STQH bukan hanya sekedar untuk mencari juara dalam bacaan, hafalan dan pemahaman Al-Qur’an dan Hadits, tetapi yang paling utama adalah melalui STQH ini, kita membumikan Al-Qur’an, mencetak generasi Qur’ani, serta Al-Qur’an mewarnai perilaku dan tindak tanduk dalam bermasyarakat, berbangsa, dan mampu mewujudkan Sulawesi Selatan yang religius, sebagaimana tema STQH ke 33 ini “Berlomba dan Bersinergi Membangun Sulawesi Selatan Bermotivasi Religi”

“Diharapkan nilai-nilai yang bersumber dari al-Qur’an dan hadits, mampu mewarnai kehidupan sosial kita, yang tidak egois, yang tidak individualistik, menjadi ummatan washatan, serta dijauhkan dari sikap intoleran,” ungkapnua

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar selaku tuan rumah yang dinilai sangat antusias menyambut kedatangan para kafilah yang datang di Bumi Tanadoang.

Gubernur mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh peserta pada ajang STQH tingkat provinsi dengan harapan dapat menghadirkan qori dan qoriah terbaik, bahkan di hadapan seluruh kafilah yang memadati Lapangan Pemuda Benteng, Gubernur menjanjikan hadiah sebesar Rp.30 juta bagi juara pertama, sama nilainya yang diberikan kepada juara MTQ Tingkat Provinsi yang lalu.

”Pemprov akan memberikan hadiah kepada juara pertama sebesar Rp.30 juta,” janji Andi Sudirman Sulaiman.

Sementara itu Andi Edy Manaf mengaku kehadirannya mengikuti pembukaan STQH di kabupaten tetangga untuk memberikan dukungan kepada kontingen dari Kabupaten Bulukumba sekaligus bersilaturahmi dengan stakeholder di Selayar maupun dari daerah lainnya.

STQH, kata Edy Manaf merupakan ajang pembentukan karakter melalui kegiatan keagamaan dan ajang ini bukan hanya mewakili diri, akan tetapi juga mewakili masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang dikenal memiliki crash program keagamaan.

“Saya berharap para official fokus mendampingi para peserta, tidak hanya pada aspek teknis lomba tetapi juga memperhatikan kondisi kesehatannya agar para peserta STQH bisa tampil maksimal,” ungkapnya.

Untuk diketahui jumlah kontingen STQH Bulukumba sebanyak 58 orang yang terdiri dari peserta, pelatih dan official dan mengikuti cabang lomba tilawah anak-anak (pa/pi), tilawah dewasa (pa/pi), hafidz 1, 5, 10, 20, 30 juz (pa/pi), tafsir Bahasa Arab dan hadist 100 dan 500.(*)

Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pengusaha Muda Andi Muhammad Algazali Temui Muhaimin Iskandar Setela Ambil Formulir Bakal Calon Bupati ke PKB

12 Mei 2024 - 13:04 WIB

Aliansi Masyarakat Bersatu Menyoroti Perum Bulog Bulukumba Ada Apa, Gudang Tutup Petani Gabah Mengeluh

4 Mei 2024 - 12:11 WIB

Wrc Akan Melakukan Pegaduan di Kantor BPN Sul Sel Terkait lahan Milik H Murniti Diduga di Klaim Oleh Oknum Mantan ASN Pemda

4 Mei 2024 - 06:53 WIB

HUT TNI Ke 78 Kodim 1411 Gelar Jalan Santai Bersama Masyarakat Kabupaten Bulukumba

24 September 2023 - 11:00 WIB

Ketua Umum Dekopin Pusat Nurdid Halid Menbuka Acara RAT Puskud Sul Sel ; Ketua Umum puskud Sel Sel Menyambut dengan Baik

23 September 2023 - 09:58 WIB

Anggota Kodim 1411/ Melakukan Pembinaan dan Pelatihan Kebangsaan di SMA Negeri 7 Bulukumba

23 September 2023 - 06:24 WIB

Trending di DAERAH