Menu

Mode Gelap
Asatu Desak Kejari Bulukumba Segera Tetapkan Tersangka Kasus UPPO Bulukumba Satu Lagi, Komplotan Curnak di Bulukumba Diringkus Polisi WRC dan PSMP Sulsel Desak Pengusutan Dugaan Pengelolaan Kawasan Lindung di Batu Tongkaraya Bantu UMKM di Bulukumba, HIPMI Bakal Gelar Ramadhan Fair 2023 Teroris KKB Kembali Menyerang dan Tembak Warga Sipil di Yahukimo, Pelaku Pecatan Prajurit TNI

BOLA & SPORTS · 5 Mar 2023 13:31 WIB ·

Format BRI Liga 1 Musim Depan: Play-off 4 Klub Teratas, Pemain Asing 5+1, Naturalisasi 1


 Pemain Persib Bandung, Ezra Harm Ruud Walian (kiri) mengontrol bola saat laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 antara Persib Bandung melawan PSM Makassar di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (14/02/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi) Perbesar

Pemain Persib Bandung, Ezra Harm Ruud Walian (kiri) mengontrol bola saat laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 antara Persib Bandung melawan PSM Makassar di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (14/02/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

SPORTS, TARGETINVESTIGASINUSANTARA.COM —PSSI telah merancang format baru untuk Liga 1 musim depan yang telah disetujui oleh para peserta dalam Sarasehan Sepak Bola di Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (4/3/2023).

PSSI mengklaim bahwa klub-klub BRI Liga 1 sudah sepakat untuk memakai sistem kompetisi play-off yang meloloskan empat tim teratas ke babak grand final.

Selain itu, perubahan regulasi pemain asing juga terjadi untuk Liga 1 2023/2024.

PSSI merumuskan penggunaan enam pemain asing yang terdiri dari lima pemain dan satu legiun impor Asia, namun hanya lima pemain asing yang boleh masuk daftar susunan pemain (DSP).

PSSI juga bakal membatasi pemain naturalisasi dalam setiap tim BRI Liga 1 dengan paling banyak satu orang saja.

Simak penjelasan Wakil Ketua PSSI, Ratu Tisha.

“Soal format kompetisi, kami dan teman-teman BRI Liga 1 berpikir bagaimana bisa meningkatkan nilai komersial ketimbang yang ada sekarang,” ujar Tisha kepada Bola.com di Kantor PSSI, Jakarta Pusat, Minggu (5/3/2023).

“Kami menjual value pertandingan. Bila pertandingan dengan format yang ini, sudah pasti kami mengemasnya lebih baik. Meningkatkan nilai komersial itu butuh waktu.”

“Bagaimanan caranya supaya value itu meningkat lebih cepat, maka harus ada terobosan-terobosan baru. Satu di antara yang diusulkan adalah adanya babak play-off babak empat.”

Ratu Tisha mengungkapkan bahwa konsep kompetisi hasil dari Sarasehan Sepak Bola itu baru sebatas rumusan yang akan digodok project management officer demi mendongkrak value dari BRI Liga 1.

“Jadi, yang harus diperdebatkan itu adalah objektifnya. Mengapa untuk menambah value? Karena klub-klub ini butuh recovery setelah tragedi Kanjuruhan,” imbuh Ratu Tisha.

“Bayangkan, setelah pandemi COVID-19, kita mengalami tragedi Kanjuruhan. Sekarang, betapa meruginya klub-klub baik BRI Liga 1 apalagi yang Liga 2,” ungkap wanita berusia 37 tahun tersebut.

Sementara itu, Ketua PSSI, Erick Thohir mengatakan bahwa Liga 2 musim depan diperbolehkan menggunakan dua pemain asing dengan rincian satu legiun impor bebas dan satu dari Asia Tenggara.

Namun, setiap klub Liga 2 hanya bisa maksimal mendaftarkan satu pemain naturalisasi.

“Naturalisasi di Liga 1 hanya satu supaya pemain lokal bisa main. Di Liga 2, sepakat agar satu pemain naturalisasi, satu pemain asing, dan satu pemain asing Asia. Konteks ini jangan dipersepsikan PSSI itu arogan,” terangnya.

BRI Liga 1 2023/2024 rencananya akan digelar pada Juli 2023 hingga April 2024, sementara Liga 2 pada November 2023 sampai Juni 2024.

 

Artikel ini telah dibaca 52 kali

Baca Lainnya

Nirwan Arifuddin Sebut Prestasi PSM Tak Lepas Dari Sumbangsih Taupan Pawe

18 April 2023 - 09:24 WIB

Ketua DPD II Partai Golkar Bulukumba saat berfoto bersama Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel, Taupan Pawe dan Ketua DPD Partai Golkar Kota Makassar, Munafri Arifuddin.

Justin Hubner Disebut Lebih Memilih Timnas Indonesia U-20 ketimbang Belanda U-20

5 Maret 2023 - 13:49 WIB

Tunggu Keputusan Rapat Paripurna DPR, PSSI Pasrah Jika Justin Hubner Dicomot Belanda U-20

5 Maret 2023 - 13:39 WIB

Trending di BOLA & SPORTS