Menu

Mode Gelap
Asatu Desak Kejari Bulukumba Segera Tetapkan Tersangka Kasus UPPO Bulukumba Satu Lagi, Komplotan Curnak di Bulukumba Diringkus Polisi WRC dan PSMP Sulsel Desak Pengusutan Dugaan Pengelolaan Kawasan Lindung di Batu Tongkaraya Bantu UMKM di Bulukumba, HIPMI Bakal Gelar Ramadhan Fair 2023 Teroris KKB Kembali Menyerang dan Tembak Warga Sipil di Yahukimo, Pelaku Pecatan Prajurit TNI

NEWS · 20 Apr 2023 11:58 WIB ·

Jelang Idul Fitri, PPK Ujungbulu Masih Giat Laksanakan Safari Ramadan


 Jelang Idul Fitri, PPK Ujungbulu Masih Giat Laksanakan Safari Ramadan Perbesar

NEWS, TIN — Jelang Idhul Fitri 1444 H, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba masih giat melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih melalui program Safari Ramadan.

Anggota KPU Kabupaten Bulukumba, Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Awaluddin menjelaskan, kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada dasarnya sama yaitu menyampaikan informasi tahapan Pemilu Tahun 2024 kepada masyarakat secara luas.

Namun kata Awaluddin, selama bulan ramadan 1444 H ini, KPU Kabupaten Bulukumba melalui anggota badan ADHOC Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih melalui mimbar-mimbar masjid.

Sosialisasi melalui Safari Ramadan ini, memiliki pendekatan lebih religius yaitu dengan menyisipkan pesan-pesan keagamaan yang disampaikan secara langsung kepada jemaah yang hadir di masjid.

“Dalam Safari Ramadan ini, metidologi yang digunakan yakni memalui ceramah dengan pendekatan dalil-dalil alquran atau hadist-hadist nabi Muhammad SAW,” tegasnya saat dikonfirmasi.

Awaluddin juga memaparkan, tema ceramah yang berkaitan dengan Pemilu Tahun 2024 tentunya terkait tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam membangun ukhuwa basyariyah, ukhuwa islamiyah, dan ukhuwa wathoniyah,

“Seperti tentang, tidak boleh ada politik uang dalam pemilu karena hal tersebut sama kedudukan hukumnya dengan sogok menyogok yaitu diharamkan dalam agama kita,l,” ucapnya.

Selain itu kata Awaluddin, pemilih dilarang terlibat politisasi SARA karena itu juga merupakan larangan saling mencelah dan saling menonjolkan perbedaan sesama manusia. Fatalnya hal ini bisa memicu perpecahan antar kelompok.

Terakhir, yang terpenting adalah tim Safari Ramadan KPU Kabupaten Bulukumba, wajib menyampaikan terkait larangan menyebarkan berita bohong atau hoax. Karena hal tesebut merupakan perbuatan yang dilarang dalam agama karena merupakan tanda-tanda orang munafik.

“Bahkan tidak satupun ajaran agama yang membenarkan ketiga perbuatan tersebut” singkat Awal tegas.

Anggota PPK Ujung Bulu, yang membidangi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Kurnia menyampaikan, program Safari Ramadan yang diinisiasi oleh KPU Kabupaten Bulukumba masih giat dilaksanakan hingga dipenghujung Ramadan 1444 H.

Kurnia bilang, pihaknya berupaya maksimal agar bisa melaksanakan Sosialisasi Pemilu kepada masyarakat secara luas, apalagi proses ini dikemas lebih religi dan dilaksanakan di dalam tempat peribadatan.

“Untuk Sosialisasi pada program safari ramadan ini lebih khusus karena disampaikan oleh anggota badan ADHOC yang memiliki pengalaman menyampaikan ceramah atau berbicara di mimbar masjid,” jelasnya.

Syukurnya kata Kurnia, sebelum turun ke lapangan, tim Safari Ramadan yang dibentuk oleh KPU Kabupaten Bulukumba, telah dibekali ilmu-ilmu dan terkait teknis penyampaian saat melaksanakan safari ramadan.

“Jadi teman-teman yang bertugas itu tidak hanya mengisi ceramah saat salat taraweh, namun ada juga yang menyampaikan sosialisasinya setelah salat subuh, pada kutbah Jumat juga pada salat fardhu lainnya,” paparnya.

Kurnia berharap, melalui Safari Ramadan ini masyarakat bisa semakin teredukasi dan mampu memahami hal-hal penting terkait penyelenggaraan Pemilu yang akan berlangsung 2024 mendatang, sehingga lahir pemilih bijak dan pemilu damai.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pengusaha Muda Andi Muhammad Algazali Temui Muhaimin Iskandar Setela Ambil Formulir Bakal Calon Bupati ke PKB

12 Mei 2024 - 13:04 WIB

Ahli Ungkap Downline Fiktif Dugaan Korupsi Eks Pimca Bulog Dengan Kerugian Negara 1,7 Miliar

7 Mei 2024 - 07:38 WIB

Aliansi Masyarakat Bersatu Menyoroti Perum Bulog Bulukumba Ada Apa, Gudang Tutup Petani Gabah Mengeluh

4 Mei 2024 - 12:11 WIB

Wrc Akan Melakukan Pegaduan di Kantor BPN Sul Sel Terkait lahan Milik H Murniti Diduga di Klaim Oleh Oknum Mantan ASN Pemda

4 Mei 2024 - 06:53 WIB

Wrc Sul Sel Meminta Pemkot Makassar Menutup Gudang Sumber Jaya Motor, Diduga Abaikan Perda dan Tidak Memiliki Izin

29 April 2024 - 10:26 WIB

Oknum Polisi Aniaya Istri yang Sedang Hamil, Dilaporkan ke Polda Sumut

16 April 2024 - 22:42 WIB

Trending di HUKRIM